Soal CPNS 2018

Tahun 2011, 600 Guru PNS Akan Pensiun, Kabupaten Garut Belum Putuskan Penerimaan CPNS Baru

Pada tahun 2011 ini, sedikitnya terdapat 600 lebih PNS di lingkungan Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Garut akan memasuki masa pensiun. Kebanyakan dari mereka adalah merupakan tenaga pengajar (guru) yang jumlahnya tidak kurang dari 600. Namun demikian, Pemkab Garut sendiri belum memutuskan untuk membuka penerimaan CPNS di tahun ini.

Sekda Garut, Iman Alirahman, SH., M.Si., mengatakan, data yang di terima dari Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah (BKD) Kab. Garut, pada semester pertama di tahun 2011 ini, jumlah guru PNS yang akan pensiun berjumlah 250 orang. Sedangkan dalam kurun waktu 2011, total guru PNS yang akan pensiun mencapai tak kurang dari 600 orang.

“Itu baru tenaga pengajar saja, belum lagi PNS lainnya di luar guru. Kalau ditotalkan semuanya, PNS yang akan pensiun pada tahun ini jumlahnya mencapai lebih dari 600 orang,” ujar Iman.

Dikatakannya,  meski tahun 2011 ini banyak guru dan PNS lainnya yang akan pensiun, namun hingga kini Pemkab Garut sendiri belum memutuskan untuk membuka penerimaan CPNS, baik dari umum maupun dari TKS.

Karena menurutnya, penerimaan CPNS tergantung intruksi dari pemerintah pusat.
“Kita masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat apakah tahun ini akan membuka penerimaan CPNS atau tidak? Makanya meskipun tahun ini banyak PNS terutama dari kalangan pengajar (guru) yang akan pensiun, namun kita belum bisa memutuskan untuk membuka penerimaan CPNS,” Ujarnya.

Menurut Iman, banyaknya guru yang akan pensiun pada tahun ini tidak akan menganggu proses belajar mengajar di sekolah. Namun demikian, untuk pertanggungjawaban yang baik, perlu secepatnya ada jalan keluar yang baik pula agar tidak timbul permasalahan dikemudian hari.

Dikataakan Iman, Untuk mengisi kekosongan tenaga pengajar (guru) yang telah pensiun,  jika nantinya ada penerimaan, pihaknya juga tidak dapat memutuskan apakah akan mengangkat guru Sukwan dan Tenaga Kerja Kontrak (TKK), atau melakukan penerimaan CPNS dari jalur umum.

“Jika memang akan menerima CPNS, kita juga harus menunggu arahan dari pemerintah pusat apakah akan diarahkan untuk sukwan atau TKK, karena dalam hal ini daerah harus mengikuti ketentuan dari pusat,” tuturnya.

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Presiden SBY : Moratorium CPNS Tidak Kaku

Pemerintah membatalkan melakukan moratorium (menghentikan) penerimaan CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil), karena tetap akan menerima …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.