Soal CPNS 2018

Tempat Kerja akan Tetap Bila Honorer Diangkat CPNS

Pengangkatan tenaga honorer kategori 1 (K1) menjadi CPNS masih terganjal. Pemerintah belum bisa segera mengangkat mereka karena ketentuan petunjuk teknis (juknis) masih belum dituntaskan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Dalam pengangkatan ini, pemerintah menjamin tidak akan ada mutasi.

Kepala Biro Humas dan Protokol BKN Aris Widiyanto di Jakarta kemarin (5/7) menuturkan, pembuatan juknis pengangkatan tenaga honorer K1 maupun K2 ada di tengan BKN. "Tapi kami tetap koordinasi dengan Kemen PAN-RB dan Kemenkeu," ucap dia.

Aris menegaskan tenaga honorer K1, atau tenaga honorer yang digaji APBN/APBD, tidak bisa serta merta diangkat meskipun Peraturan Pemerintah (PP) tentang pengangkatan mereka sudah diteken presiden. Aturan teknis pengangkatan tenaga honorer yang jumlahnya sekitar 72 ribu ini tetap membutuhkan juknis.

Menurut Aris masyarakat, terutama para tenaga honorer K1, tidak perlu gusar atau gelisah karena hingga kini belum ada pengangkatan. Dia menerangkan bahwa dalam amanat PP pengangkatan honorer menjadi CPNS itu dijelaskan bahwa penganggatan ditenggat hingga akhir tahun ini. "Jadi masih ada waktu. Kita tidak ingin karena tergesa-gesa lantas menimbulkan masalah," kata dia.

Di tengah rencana pembahasan juknis yang belum tuntas, Aris menuturkan dalam pengangkatan honorer K1 ini tidak akan ada mutasi atau rotasi. Dia mencontohkan, jika yang diangkat itu adalah pegawai di dinas kesehatan Kota Surabaya, maka setelah diangkat nanti yang bersangkutan tetap dipekerjakan di dinas kesehatan Kota Surabaya.

"Tidak ada perpindahan instansi," katanya. Selain itu, Aris menegaskan tidak ada juga pemindahan antarinstansi lintas daerah. Menurutnya, tenaga honorer akan tetap bekerja di tempat yang selama ini dia mengabdi. Bedanya hanya mereka nanti berubah status dari tenaga honorer menjadi CPNS.

Sementara untuk rencana penerimaan CPNS 2012 dari pelamar umum, Aris mengatakan masih terus digodok. Dari informasi yang dia kumpulkan di Kemen PAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), pada intinya rekrutmen CPNS pelamar umum ini dijalankan tahun ini juga. Aris mengatakan jika dari kuota yang disiapkan sebanyak 60 ribu, baru ada usulan sekitar 22 ribu CPNS baru.

Selain urusan tadi, dunia birokrasi tanah air juga dihangatkan dengan kebijakan pengangkatan pejabat eselon I. Rencana baru yang sedang dibahas adalah, kursi eselon I boleh diduduki orang professional atau non-PNS.

Terkait rencana ini, Aris mengaku belum mendapatkan informasi. Dia mengatakan, bisa jadi rencana ini masuk dalam materi RUU (Rancanan Undang-undang) Aparatur Sipil Negara (ASN). "RUU ASN ini sendiri pembahasannya masih lama," katanya. (wan)sumber: jpnn.com

Kisi-kisi Soal CPNS dan PPPK 2019

Check Also

Begini Caranya Daftar CPNS 2019 Pakai Nilai 2018

Peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 yang lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) berkesempatan …

13 comments

  1. JUWANAH SDN BABATAN I,WIYUNG SURABAYA

    TOLONG BAPAK-BAPAK YANG MEMPUNYAI KEWENANGAN DALAM PENGANGKATAN TENAGA HONORER KHUSUSNYA SAYA YG TERMASUK HONORER KATEGORI 2 TOLONG BAPAK/IBU SEGERA BUATKAN SK PNS.AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIN.SEMOGA AMAL IBADAH BAPAK/IBU DITERIMA YG MAHA KUASA.

  2. Pa mau bertanya bagimana nasib kami yang ptt provpinsi yang pakai anggaran APBD tapi kurang bulan kami punya sk bulan april 2005 kurang 3 bulan apakah bisa diangkat

  3. Kalaulah boleh semua hohorer kat.2 itu, dapat disamakan dgn k1, karena sama-sama mengabdi, sesuai bidangnya dan yg paling seru mereka ini (k2) tdk selamanya menerima penghasilan tetap sebagaimana temannya k1, yg walaupun terbatas tapi pasti ada. Demi keadilan mohon mereka ini sama-sama diangkat, trims.

  4. Ass. Bagaimana dengan saya ini, saya ngajar menggunakan IJASAH AGAMA tapi saya ngajarnya Guru Kelas. Guru kelas seperti saya ini Saya Maunya saya maunya diangkat menjadi PNS 2012 Diumumkan Biar sayaTambah Semangat Ngajarnya dan tambah rajin ngajarnya.Tolong ‘Bapak presiden SBY yang baik bantu nur diana waty diangkat menjadi pns 2012 DI SDN Gedung Harapan Jati Agung LAMPUNG SELATAN SECARA hibah atau secara ikhlas.Wass

  5. Ass. Bagaimana dengan saya ini, saya ngajar menggunakan IJASAH AGAMA tapi saya ngajarnya Guru Kelas. Guru kelas Seperti Saya ini kapan di umumkan menjadi PNS?..Saya Maunya 2012 Diumumkan Biar sayaTambah Semangat Ngajarnya dan tambah rajin ngajarnya. Masa Cuma yang dapat DATABASE saja yang diperhatikan tahun 2004 yang dibiayai(APBN/APBD) kebawah diangkat menjadi PNS 2012 sama Pemerintah/Negara itu namanya GAK ADIL/ Licik/Jahat/Curang/Pelit, S. Masa Cuma guru bantu saja yang dapat DATABASE yang diperhatikan oleh APBN kebawah tahun 2004 diangkat menjadi PNS 2012 DAN dan yang tidak dapat DATABASE 2005 yang tidak dibiayai APBN/APBD ((Nur Diana Waty Nya)) diperhatikan juga dunk diangkat menjadi PNS 2012 itu baru namanya Adil(PANCASILA) dan Bijaksana dalam memimpin Negara Republik Indonesia.. Jadi Tolonglah/ kabulkanlah “Bapak Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden (Boediono) , DPRD, DPR Tingkat 1 & 2, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, Gubenur, Kemeterian Agama, PP, PAN Dan Diknas Pendidikan, Bantu (Hibah) Diangkat NUR DIANA WATY Menjadi PNS 2012, AMIN.Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass

  6. Ass. Bagaimana dengan saya ini, saya ngajar menggunakan IJASAH AGAMA tapi saya ngajarnya Guru Kelas. Guru kelas Seperti Saya ini kapan di umumkan menjadi PNS?..Saya Maunya 2012 Diumumkan Biar sayaTambah Semangat Ngajarnya dan tambah rajin ngajarnya. Masa Cuma guru bantu aja yang diperhatikan tahun 2004 yang dibiayai(APBN) kebawah diangkat menjadi PNS 2012 sama Pemerintah/Negara itu namanya GAK ADIL/ Licik/Jahat/Curang/Pelit, Seharusnya yang GURU BANTU 2004 yang dibiayai(APBN) dan BUKAN GURU BANTU 2005 ((Nur Diana Waty Nya)) tapi yang tidak dapat DATA BASE diperhatikan juga dunk diangkat menjadi PNS 2012 itu baru namanya Adil(PANCASILA) dan Bijaksana dalam memimpin Negara Republik Indonesia.. Jadi Tolonglah/ kabulkanlah “Bapak Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden (Boediono) , DPRD, DPR Tingkat 1 & 2, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, Gubenur, Kemeterian Agama, PP, PAN Dan Diknas Pendidikan, Bantu (Hibah) Diangkat NUR DIANA WATY Menjadi PNS 2012, AMIN.Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass

  7. Ass.Masa Cuma guru bantu aja yang diperhatikan tahun 2004 kebawah diangkat menjadi PNS 2012 sama Pemerintah/Negara itu namanya GAK ADIL/ LICIK/JAHAT/PELIT, Seharusnya yang GURU BANTU DAN BUKAN GURU BANTU((Nur Diana Waty Nya)) diperhatikan juga dunk diangkat menjadi PNS itu baru namanya Adil(PANCASILA) dan Bijaksana dalam memimpin Negara Republik Indonesia.Kalau buat PP jangan harga mati kalau bisa berubah/Biasa saja buatnya/baik didengar/baik dilihat (kalau tahunnya berubah pasti PPnya berubah”jangan bilang pp harga matilah”itu namanya sombong dan gak boleh bilang begitu’ppnya harga mati’).Buat PP Tanggung Amat 31 Desember 2005 Artinya 1 tahun kurang 1 hari, Seharusnya BISA Diangkat PNS biar baik. Kalau buat PP Pas/Afdhol/Tidak Pelit/ Awal Tanggal 1 Januari 2006 itu yang baru enak dilihat/enak dipandang oleh semua guru honorer/masyarakat tetapi dilihat dari tugas mengajar disekolah(ngabdinya) dan Alangkah baiknya jika guru honorer penetapan untuk kategori I yaitu untuk yang masa kerjanya tahun SK 2005,2004, 2003, 2002, dst ke bawah ” YANG DARI APBN MAUPUN YANG BUKAN APBN ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2012 (Sekarang Ini Bulan Juli Dan Agustus/Ramadhan/Syawal (Dihabiskan)) itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, BAIK(di dalam dan di luar) DAN JANGAN PELIT ” Sedangkan kategori II untuk masa kerja SK 2006 ke atas yaitu 2006,2007,2008 dst) “YANG DARI APBD DAN MAUPUN YANG BUKAN APBD ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2013-2015/dst(Dihabiskan)”, itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, TENANG DAN BAIK(di dalam dan di luar), Biar Tidak Ada Lagi Keceburuan/Resah/ Khawatir Semua Guru Honorer/ Tanpa Dipungut Biaya(tanpa minta uang sama guru honorer”oknum”) Dan Kalau Bisa Dibantu Secara Gratis/Ikhlas. Jadi tolonglah/kabulkanlah “Bapak Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden (Boediono) , DPRD, DPR Tingkat 1 & 2, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, Gubenur, Kemeterian Agama, PP, PAN Dan Diknas Pendidikan, Angkat Nur Diana Waty dan Semua Guru Honorer yang ada di Indonesia yang tercinta/tersayang ini diangkat menjadi PNS 2012- 2015 dst (yang ditulis seperti diatas ) SEKARANG INI.
    Supaya Cita-Cita Manusia Didunia Ini Tercapai Dan Tidak Dihalang-Halangin Jalanmya Menjadi Pns. Kalau dihalangin cita-cita manusia menjadi Guru PNS Berarti Berbuat Dosa Besar dan kalau tidak dihalangin cita-cita manusia menjadi GURU PNS Berarti Baik/Syurga/Apalagi Menolong/Membantu Yang Ada Baik(mendapatkan pahala dari Allah SWT).” DAN IJAZAH MAU SMA/DII/SI TAHUN MAU 2000,2001,2002, 2003, 2004,2005, 2006,2007,2008,2009, 2010,dst, MINIMAL KALAU BISA SI mau itu Guru Kelas, Agama , Bidang Study, Dan Olah Raga, yang penting ngajarnya dikelas menggunakan Buku-Buku Disekolah (kompetensi) biar siswa SD/MIN,SMP/MTS/SMA/MA menjadi Pintar Dan Sukses/Berhasil(Bisa Membaca, Menulis, Dan Berhitung) dan Mencapai Cita-Cita Menuju Masa Depan Yang Bagus.
    Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass

  8. 1. Mohon perhatian dan penyelesaian dari BKN pusat dan Pemerintah nasib para PTT SMP yang sudah terdaftar menjadi K1 dan K2 untuk Kabupaten Blora, Jawa Tengah yang banyak mengabdikan diri selama 15 tahun lebih dari tahun ke tahun bukannya terselesaikan malah semakin bertambah/membludag jumlahnya.
    2. Jika tes antar Tenaga Honorer kembali dilaksanakan seperti yang terjadi pada tahun 2005 yang pada prakteknya ternyata hanya dijadikan tes formal saja.
    3. Mohon perhatiannya pada masa pengabdiannya bukan hanya umur yang menjadi kualifikasi dalam pengangkatan menjadi CPNS tahun 2012-2013.
    4. Mohon perhatian kepada pemerintah apakah kami yang sudah mengabdikan diri berpuluh-puluh tahun dan memegang peranan sehari-hari dalam instansi kami masing-masing dan dihonor banyak sekali yang dibawah UMR harus terabaikan kembali dengan para sarjana yang baru lulusan>
    5. Apalagi diadakan tes CPNS UMUM apakah bijak pemerintah hanya menganggarkan APBN nya untuk rekrutmen dari tes umum sedangkan nasib para TH terabaikan?
    6. Modal kami para TH hanya doa dan pengabdian dan nrimo dengan penghasilan yang kurang ternyata masih banyak sekali praktik modal uang, bagaimana nasib kami jika kami tidak punya modal?
    7. Mohon kepada pemerintah pusat jika tes antar TH kembali dilaksanakan terutama di Blora, mohon hasil tes dan peringkat diumumkan secara terbuka.
    8. Lebih bijaksana dan sesuai asas Pancasila sila ke-5 (Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia) sebaiknya pengangkatan CPNS secara langsung oleh pusat seperti tahun2 sebelumnya jika memang anggaran APBN mencukupi untuk rakyat Indonesia karena pendataan Tenaga Honorer Th 2012 sdh sangat jelas urutan data sesuai lama pengabdian dan umur dan data itu sdh jelas terdata di BKN pusat ( pendataan berulang kali semoga menjadi acuan penerimaan secara langsung seperti penyelesaian para guru bantu se Indonesia)
    9. Demikian mohon untuk perhatiannya pada pemerintah pusat, BKN pusat, instansi terkait yang membahas masalah kami para Tenaga Honorer th 2012 terutama untuk Kabupaten Blora. terimakasih.

  9. Ass.Buat PP Tanggung Amat 31 Desember 2005 Artinya 1 tahun kurang 1 hari, seharusnya buat pp Pas/Afdhol/Penuh tanggal 1 januari 2006 itu yang baru enak dilihat/enak dipandang dan Alangkah baiknya jika guru honorer penetapan untuk kategori I yaitu untuk yang masa kerjanya tahun SK 2005,2004, 2003, 2002, dst ke bawah ” YANG DARI APBN MAUPUN YANG BUKAN APBN ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2012 (Sekarang Ini Bulan Juli Dan Agustus/Ramadhan/Syawal (Dihabiskan)) itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, DAN BAIK(di dalam dan di luar) ” Sedangkan kategori II untuk masa kerja SK 2006 ke atas yaitu 2006,2007,2008 dst) “YANG DARI APBD DAN MAUPUN YANG BUKAN APBD ITU DIANGKAT MENJADI PNS 2013-2015/dst(Dihabiskan)”, itu baru namanya ADIL, JUJUR, BIJAKSANA, TENANG DAN BAIK(di dalam dan di luar), Biar Tidak Ada Lagi Keceburuan/Resah/ Khawatir Semua Guru Honorer/ Tanpa Dipungut Biaya Dan Kalau Bisa Dibantu Secara Gratis/Ikhlas. Jadi tolonglah/kabulkanlah “Bapak Presiden(Susilo Bambang Yudhono) Dan Wakil Presiden (Boediono) , DPRD, DPR Tingkat 1 & 2, MPR, Bupati, Walikota, Gubenur, APBN/APBD, Gubenur, Kemeterian Agama, PP, PAN Dan Diknas Pendidikan, Angkat Diana dan Semua Guru Honorer yang ada di Indonesia yang tercinta/tersayang ini menjadi PNS 2012- 2015 dst (yang ditulis seperti diatas)” SEKARANG INI DAN IJAZAH MAU SMA/DII/SI TAHUN MAU 2000,2001,2002, 2003, 2004,2005, 2006,2007,2008,2009, 2010,dst, MINIMAL KALAU BISA SI mau itu Guru Kelas, Agama , Bidang Study, Dan Olah Raga, yang penting ngajarnya dikelas menggunakan Buku-Buku Disekolah (kompetensi) biar siswa SD/MIN,SMP/MTS/SMA/MA menjadi Pintar Dan Sukses/Berhasil(Bisa Membaca, Menulis, Dan Berhitung) dan Mencapai Cita-Cita Menuju Masa Depan Yang Bagus.
    Kalau ada tulisan yang Salah Penulisan/ ucapan perkataan dan saya MINTA MAAF sebesar-besarnya.Terimah kasih.wass

  10. Asslamu Alaikum Di sampaikan Kepada Yang di titipkan Amanah Agar tenaga honorer kategori satu pusat di perhatikan nasibnya untuk jadi pns.tidak usah di persulit atau di cari kesalahanya ini sudah adil tuhan sudah menjawab doa kami untuk jadi pns supaya dunia ini aman.harapan kami segera laksanakan intruksi presiden apa kata presiden di laksanakan jangan di cari kekurangannya .dananyakan sudah ada apa apa yg sudah terdata di bkn pusat nama para tenaga honorer kategori 1 yg sudah di databasekan itu yg di gunakan aman urusan.demikian harapan kami jangan persulit dan di tunda tunda database bkn tahun 2005 sudah pasti benar.dan perlu di ketahui tenaga honorer kemenkeu rata rata masa kerja 19 tahun sudah jauh tertinggal wajib di selesaikan karena sejak thn 2005 sampai sekarang honorer kemenkeu kesulitan menjadi pns padahal honorer kemenkeu warga negara indonesia asli tapi terasa di jajah negaranya sendiri ini fakta.mohon dukungannya karena honorer kemenkeu butuh kesejahteraan anak istri. mengapa tenaga honorer departemen lain bisa jadi pns ,mengapa kami di persulit ini sangat tidak adil .terima kasih

  11. saya setujuh dengan usulan ini suatu kejujuran terletak pada pribadi seseorang dan memiliki norma dalam mengidentifikasih permasalaan subsistein hukum yg benar takut bersalahpada diri pribadi

  12. HUMAIDI (HONORER 2003-2012 PADA MTs.S Ashhabul Yamin KECAMATAN BAKONGAN KAB. ACEH SELATAN)

  13. Jika Kursi Eselon I bisa diduduki oleh orang yang sudah Profesional atau Non-PNS, saya yakin Negara in akan bisa maju. Karna orang yang tidak punya Gelar atau yang NON-PNS saat ini mereka mungkin lebih mantap cara berfikir dan punya keahlian tinggi dari pada mereka yang sudah dipakai oleh Negara. Hanya saja dalam hal ini Pemerintah perlu mengadakan Test Publik kepada seluruh Warga Negara (usia 20-50) yang berkeinginan untuk memberi yang terbaik untuk kemajuan negara. Test Publik (tulisan & lisan) sangat tepat untuk mencari orang profesional. Sehingga dengan cara ini semua warga negara merasa dirinya juga diperhatikan oleh Pemerintah. Karna selama ini masyarakat menganggap Negara ini hanya membutuhkan mereka yang punya Gelar, dan untuk terlibat dalam Pemerintah harus lebih dulu menjadi PNS. Sehingga Bagi mereka yang punya Uang (mungkin) akan berusaha beli GELAR sudah punya gelar beli Kursi PNS. Bagaimana orang msikin? Padahal mereka mungkin punya Keahlian / Kemampuan yang berguna untuk Negara, tapi tak punya Modal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *