Soal CPNS 2018

Tenaga Honorer di Kota Bekasi Pertanyakan Jadwal Pengangkatan

Seratus lima puluh guru dan tenaga tata usaha sekolah honorer di Kota Bekasi, Senin (21/2) siang, mendatangi Badan Kepegawaian Nasional (BKN). Kedatangan mereka dimaksudkan untuk mempertanyakan jadwal peninjauan ulang data calon pegawai negeri sipil kategori pertama yang akan diangkat.

"Kepastian dilakukan peninjauan ulang disampaikan pegawai BKN awal Januari 2011. Tapi sampai sekarang belum ada kejelasan. Itu yang akan kita tanyakan," ucap Ketua Komite Guru Bekasi (KGB) Mukhlis Setiabudi.

Peninjauan ulang tersebut dilakukan menyusul terbitnya Surat Keputusan Walikota Bekasi per tanggal 13 Januari 2011 berisi permohonan agar 1.945 guru dan petugas tata usaha honorer yang dinyatakan tidak memenuhi kriteria diakomodir menjadi memenuhi kriteria. Munculnya permintaan penandatanganan surat keterangan bahwa guru dan tenaga tata usaha honorer tak dibiayai APBD Kota Bekasi oleh kepala sekolah turut mendukung dilakukannya peninjauan ulang.

Mukhlis merinci, 1.945 guru dan tenaga tata usaha sekolah honorer diajukan untuk diangkat. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Bekasi mengajukan tambahan 221 tenaga kontrak dan guru bantu sekolah yang tercecer dari daftar pengajuan tahun 2005. Keputusan yang muncul kemudian, hanya 137 tenaga saja yang diajukan lolos. Sementara sisanya dinyatakan tak memenuhi kriteria. Jumlah tenaga kerja yang lolos kesemuanya merupakan ajuan dari BKD.

"Padahal daftar yang tercecer itu semestinya sudah bersih. Tapi justru mereka yang lolos, sedangkan tenaga lain yang sudah belasan hingga puluhan tahun menjadi tenaga honorer, tak kunjung mendapat kejelasan nasib," tutur Mukhlis lagi.

Lebih lanjut Mukhlis mengatakan, jika nasib mereka diabaikan BKN, protes akan disampaikan langsung ke Presiden. "Kalau dibiarkan terus, nasib tenaga honorer akan selalu tersisih oleh PNS," katanya. Ia berharap, perjuangannya serta kawan tenaga honorer lain ini mendapat dukungan Dinas Pendidikan dan BKD Kota Bekasi. [via]

Kisi-kisi Soal CPNS dan PPPK 2019

Check Also

Begini Caranya Daftar CPNS 2019 Pakai Nilai 2018

Peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 yang lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) berkesempatan …

One comment

  1. Salam Hormat,

    Kami juga mau mempertanyakan nasib kami di daerah perbatasan kalimantan timur
    yang kemarin lulus Validasi tenaga honorer tahun 2010 kemarin sampai sekarang belum ada kejelasan nasib kami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *