Soal CPNS 2018

Tes CPNS Musi Rawa Dijadikan Lahan Cari Duit Oleh Kabag Kepegawaian

Kepolisian menciduk seorang pegawai negeri sipil (PNS) di pemerintah daerah kabupaten Musi Rawa Utara provinsi Sumatera Selatan. Hal ini menjadi salah satu masalah yang memang harus ditindak lanjuti karena merupakan hal yang tidak pantas untuk dilakukan. Pegawai negeri yang berinisial MR itu diringkus oleh kpolisian lantaran diduga bermain proyek dalam rangka pembukaan tes calon pegawai negeri sipil atau CPNS tahun 2014 didaerah Musia Rawa.

Hal ini merupakan suatu kecurangan yang akan dilakukan oleh kepala bagian kepegawaian untuk mendapatkan uang dari adanya tes CPNS. “Pelaku berinisial MR adalah kepala bagian kepegawaian” ungkap pelaksanan harian wakil direktur tindak pidana korupsi bereskim polri kepada media di Bareskrim mabes polri Jakarta. Ia mengatakan, MR yang menjabat sebagai kepala bagian mendapati tugas dari Bupati Musi Rawa Utara untuk melakukan pengutusan pengadaan CPNS di kementerian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi.

Proses pengadaan CPNS itu dalam rangka pembentukan struktur kabupaten baru di daerah Musi Rawa Utara. Kepala bagian tersebut sudah menerima sejumlah uang yang diketahui diberikan dalam rangka meluluskan pelamar CPNS di daerah kabupaten Musi Rawa Utara. Hal ini tentu kecurangan dan tidak seharusnya dilakukan. Dengan prinsip membayar untuk mendapatkan kelulusan maka CPNS yang didapatkan belum tentu mumpuni dengan segala ketrampilan. Berbeda dengan perekrutan melalui tes CPNS dengan beberapa tahapan mulai TD dan TKB hingga psikologis.

Pihak mabes Polri menambahkan berkas perkara untuk kasus ini telah tahap 1 dan sedang diteliti oleh jaksa peneliti di kejaksaan agung. Menurut beliau, kemungkinan pihaknya juga akan memeriksa kementrian PANRB serta Aqisropi terkait masalah ini. Secara normatif terdapat perintah dari Bupati untuk merekrut CPNS baru sehingga kepolisian juga melakukan pemeriksaan untuk Bupati. Untungnya kasus ini segera diketahui sehingga bisa ditindak lanjuti dengan baik. Jika sampai tidak diketahui maka bisa jadi pegawai negeri yang akan bertugas tidak bisa diandalkan kemampuannya.

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

BKN Matangkan Kesiapan Rekrutmen CPNS TA 2018

Senantisa menyajikan pelaksanaan kerja yang lebih baik menjadi komitmen Pemerintahan di bawah kepemimpinan Presiden Joko …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.