Soal CPNS 2018

Tim Verifikasi Segera Lapor Temuan Kecurangan Seleksi CPNS

Tak memakan waktu lama, tim verifikasi kecurangan (seleksi) CPNS yang diterjunkan sejak pekan lalu, akan segera melaporkan hasil temuannya. Meski belum secara serentak, namun pekan ini hasilnya disebutkan sudah bisa diketahui.

"Ada beberapa tim yang kembali pekan ini dan akan melaporkan temuan di lapangan," kata Deputi SDM bidang Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan & RB), Ramli Naibaho, kepada JPNN di kantornya, Senin (16/2).

Meski baru sebagian yang kembali ke Jakarta, namun Ramli optimis, bulan ini semua hasil penelusuran ke sekitar 40an daerah bermasalah itu, akan diperoleh. Mengingat setiap tim hanya diberi tenggat waktu kerja lima hari.

"Tidak boleh lama-lama dong. Kan mekanisme kerjanya sudah jelas. Mereka harus mendatangi pihak universitas dulu, baru ke panitia (pemda)," ujarnya.

Ditanya daerah mana saja yang telah ditelisik dan siap dilaporkan, Ramli mengatakan di antaranya adalah Sumatera Utara, Sulawesi Utara (Bolmong Timur, Bolmong Selatan dan Minahasa Utara), Jawa Timur, serta Jawa Tengah. "Data lengkapnya saya lupa, tapi yang jelas semuanya pasti dilaporkan," sergahnya.

Bagaimana dengan Gorontalo? "Karena tidak ada yang melaporkan adanya kecurangan dalam seleksi CPNS Gorontalo, makanya tidak ada tim yang turun ke sana," cetusnya.

Dipercepatnya waktu kerja tim ini, jelas Ramli, karena pemerintah pusat tidak ingin menggantungkan nasib CPNS yang lulus murni lebih lama. Karena itu menurutnya, bagi CPNS yang kedapatan kelulusannya tidak murni, akan dianulir.

"Pak Menteri ingin masalah ini cepat selesai. Kasihan nasib CPNS yang lulus murni. Kalau lebih lama diselesaikan, semakin lama juga mereka akan diangkat (jadi) PNS," terangnya.[via]

Kisi-kisi Soal CPNS dan PPPK 2019

Check Also

Begini Caranya Daftar CPNS 2019 Pakai Nilai 2018

Peserta seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 yang lolos seleksi kompetensi dasar (SKD) berkesempatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *