Soal CPNS 2018

Tingkat Kesulitan Soal Tes CPNS 2019 Berbeda-beda

Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan bocoran mengenai soal Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2019. Meskipun CPNS 2019 sendiri baru akan dibuka pada Oktober 2019 mendatang.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Muhammad Ridwan mengatakan, tingkat kesulitan soal Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) CPNS di tiap daerah berbeda-beda. Terdapat 3 tingkat kesulitan soal berbeda, yakni sulit, menengah, dan mudah.

“Oh iya, ada 3 tipe memang di SKD. Pokoknya ada yang sulit, yang mudah, dan yang tengah-tengah. Ini sejak 2013,” ujarnya seperti dikutip dari situs Okezone, Senin (24/6/2019).

Dia menyebut, salah satu pertimbangan pembedaan soal itu?, misalnya yakni rata-rata hasil Ujian Nasional (UN) tiap daerah. Ketika hasil UN daerah itu tinggi, SKD CPNS daerah itu dipertimbangkan pakai soal tersulit.

Sebagai salah satu contohnya adalah soal CPNS di Yogyakarta. Pada daerah ini akan diberikan soal yang paling sulit mengingat Yogyakarta memiliki rata-rata nilai Ujian Nasional yag cukup tinggi.

“Misalnya hasil UN secara nasional kan rata-rata? Jogja, rata-rata Pekanbaru. Itu salah satunya jadi basis untuk menentukan ini untuk yang tipe sulit deh, ini tipe mudah,” kata Ridwan.

?Saat disinggung mengenai tingkat kesulitan soal CPNS 2019, dia mengaku tak akan berbeda dibanding tahun lalu. Namun Ridwan mengakui, keluhan peserta CPNS tahun lalu jadi pertimbangan untuk menyempurnakan soal.

“Pasti (keluhan tahun lalu jadi pertimbangan penyusunan soal)?. Itu untuk menyempurnakan dari masukan-masukan berbagai pihak,” ujarnya.

Sebagai informasi sebelumnya, saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI, Menteri PANRB, Syafruddin, mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan soal di beberapa daerah. Jika daerah itu dianggap mumpuni akan diberi soal dengan tipe sulit.

“Orang di Jawa, apalagi di Jogja itu luar biasa. Jogja paling nomor 1 (tingkat kesulitannya). Jadi di sana 70% tingkat kesulitan dan 30% tingkat kemudahan. Beberapa daerah di luar Jawa kita balik, 30% tingkat kesulitan dan 70% tingkat kemudahan,” ucap Syafruddin.

Jangan lupa dapatkan Soal CPNS dan PPPK 2019 disini

Kisi-kisi Soal CPNS dan PPPK 2019

Check Also

100.000 Lowongan CPNS Dibuka Oktober 2019, Ini Bocorannya

Seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019 dipastikan dibuka pada Oktober 2019. Seleksi CPNS …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *