Soal CPNS 2018

Tenaga Honorer SKPD Pemprov Jambi Bakal Dirasionalisasi

Memasuki tahun anggaran 2017 ini, masing-masing SKPD di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi melakukan rasionalisasi jumlah tenaga honorer atau kontrak atau non PNS.
Tujuannya, untuk menghemat anggaran yang tersedia di masing-masing SKPD tersebut.

Namun, hingga bulan kedua 2017 ini belum semua SKPD yang menetapkan berapa orang tenaga non PNS tersebut akan dipangkas. Datanya, belum masuk ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi.
Azwardi, Kepala Bidang Disiplin Pegawai BKD Provinsi Jambi mengatakan yang pasti baru RSUD Raden Mataher yang sudah melakukan rasionalisasi.

“Datanya, juga sudah masuk ke BKD dengan jumlah pengurangan pegawai non PNS sebanyak 59 orang,” katanya.
Menurutnya, Pemprov Jambi tidak memberikan tenggat waktu kapan proses pendataan, seleksi hingga rasionalisasi tenaga non PNS itu selesai.

Namun, seharusnya SKPD masing-masing memiliki tenggat waktu sendiri. “Karena ini berlaku di tahun anggaran baru ini,” katanya.

Proses seleksi dan yang menentukan siapa tenaga non PNS yang tidak diperpanjang kontraknya, ditentukan langsung oleh pihak SKPD.
Sebab, anggaran yang digunakan ada di SKPD yang bersangkutan.
BKD hanya menerima laporan saja setelah semua proses selesai.

“Tidak ada keterlibatan BKD, karena anggaran di masing-masing SKPD untuk membayar gaji non PNS itu,” katanya. jpnn

Kisi-kisi Soal CPNS 2017

Check Also

Honorer K2 Jadi PNS, Negara Butuh Rp 23 Triliun?

Politikus Nasional Demokrat (Nasdem) Akbar Faisal meminta pemerintah memikirkan cara menggaji honorer kategori dua (K2) …

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.